Senin, 27 Juni 2011

ASUHAN KEBIDANAN AKSEPTOR LAMA KB SUNTIK 3 BULAN ( DEPO PROGESTIN ) DENGAN AMENORHEA

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Indonesia menghadapi masalah dengan jumlah dan kualitas sumber daya manusia dengan kelahiran 5.000.000/ tahun. Untuk dapat mengangkat derajat kehidupan bangsa telah di laksanakan secara bersamaan pembangunan ekonomi dan keluarga berencana yang merupakan sisi masing – masing mata uang. Bila gerakan keluarga berencana tidak dilakukan bersamaan dengan pembangunan ekonomi dikhawatirkan hasil pembangunan tidak akan berarti.
( Manuaba 1998 : 437 )
Keluarga sebagai unit terkecil kehidupan bangsa diharapkan menerima norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera ( NKKBS ) yang berorientasi pada “ catur warga “ atau pertumbuhan seimbang gerakan keluarga berencana nasional Indonesia telah berumur panjang ( sejak 1970 ) dan masyarakat dunia menganggap Indonesia berhasil menurunkan angka kelahiran dengan bermakna. Masyarakat dapat menerima hamper semua metode medis teknis keluarga berencana yang dicanangkan pemerintah.
( Manuaba 1998 : 437 )
Kontrasepsi suntikan progestin telah menjadi bagian gerakan keluarga berencana nasional, serta peminatnya makin bertambah tinggi, oleh karena itu diharapkan para petugas kesehatan dapat memberikan informasi dan motivasi yang jelas pada akseptor KB dalam pemakaian KB suntik 3 bulan. Dengan demikian, diharapkan sebanyak – banyaknya pasangan usia subur di Indonesia akan mengikuti gerakan KB secara dini dan lestari.
( Manuaba 1998 : 446 )

1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan umum
Mahasiswa diharapkan dapat melakukan Asuhan kebidanan pada Akseptor KB suntik 3 bulan ( depo progestin )


1.2.2 Tujuan khusus
Diharapkan mahasiswa mampu untuk :
1. Melakukan pengkajian data pada akseptor lama KB suntik 3 bulan dengan amenorhea
2. Melakukan interpretasi data
3. Menegakkan diagnosa potensial
4. Mengidentifikasi tindakan kebutuhan segera
5. Merencanakan rencana tindakan
6. Melaksanakan rencana Asuhan
7. Melakukan evaluasi

1.3 Ruang lingkup
Laporan asuhan kebidanan ini disusun dalam rangka memenuhi tugas praktek lapangan di BPS Hj. Satiyem Basori, Amd. Keb pada tanggal 19 juli – 01 agustus 2009

1.4 Sistematika penulisan
1. Halaman judul
2. Lembar pengesahan
3. Kata pengantar
4. Daftar isi
5. BAB I : Pendahuluan
BAB II : Landasan teori
BAB III : Tinjauan kasus
BAB IV : Penutup
6. Daftar pustaka

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Dasar KB
2.1.1 Pengertian
KB adalah usaha mengatur banyaknya jumlah kelahiran sedemikian rupa sehingga bagi ibu maupun bayinya, bagi ayah serta keluarga dan masyarakat yang bersangkutan tidak akan menimbulkan kerugian sebagai akibat langsung dari kelahiran tersebut. ( Prof. R. Sulaiman. S. 1980 : 14 )





LEBIH LENGKAP SEDOT DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar